harga besi beton dan syarat – syarat SNI

Harga besi beton sni berbeda dengan harga besi beton non sni atau dikenal dipasaran besi beton banci atau BJKU.

Oleh karena itu ada baiknya kita mengenal besi beton bersatandart Nasional Indonesia ( SNI).

Syarat-Syarat Besi Beton SNI

Sebenarnya pemerintah kita lewat BSN (badan Standarisasi Negara ) telah membuat peraturan khusus tentang penulangan beton (pembesian beton.

Produk-produk besi tulangan sendiri sebenarnya juga sudah banyak yang mendapat sertifikat SNI (Standar Nasional Indonesia), jadi kalau anda beli ditoko yang jual besi beton tidak perlu khawatir kok asal sudah berlogo SNI dari merk yang memang sudah kondang dengan mutunya dan besi berton tersebut memiliki sertificate,maka besi tersebut sudah bagus.

harga besi beton SNI dengan harga besi beton non sni akan berbeda jauh sekali.jelas harga besi beton bersertificate SNI akan lebih mahal dibandingkan harga besi beton banci atau besi beton non sni.walaupun ada juga toko yang jual besi beton memasang harga besi beton tinggi menyamai harga besi beton SNI padahal itu merupakan besi beton banci.

Harga besi beton SNI biasanya dapat dihitung dengan  perkg.

Akan tetapi tidak ada salahnya pada kesempatan kali ini kita sedikit membahas tentang SNI yang Sudah ada tadi yaitu SNI 07 2052 2002 tentang “Baja Tulangan Beton”.

 

Syarat Mutu Baja Tulangan Beton:

 

Sifat tampak

Baja tulangan beton tidak boleh mengandung serpihan, lipatan, retakan, cema (luka pd besi beton yang terjadi karena proses cenai) yang dalam dan hanya diperkenankan berkara ringan pada permukaan.
Bentuk

Besi tulangan polos, permukan batang baja tulangan beton harus tidak bersirip
Baja Tulangan Beton Sirip/ulir (Defom)

 

Baja tulangan beton sirip/ulir (defom) harus mempunyai sirip yang teratur. Setiap batang diperkenankan mempunyai rusuk memanjang yang sejajar dan sejajar dengan sumbu batang, serta sirip-sirip lainya dengan arah melintang sumbu batang.

 

Sirip-sirip melintang sepanjang batang baja tulangan beton harus terletak pada jarak yang teratur. Serta mempunyai bentuk dan ukuran yang sama. Bila diperlukan tanda atau huruf-huruf pada permukaan baja tulangan beton, maka sirip melintang pada posisi di mana angka atau huruf dapat di abaikan

 

Sirip  melintang tidak boleh membentuk sudut kurang dari 45 derajat terhadap sumbu batang, apabila membentuk sudut antara 45 sampai dengan 75derajat, arah sirip melintang pada satu sisi atau kedua sisi dibuat berlawanan. Bila sudutnya di atas 70derajat arah berlawanan tidak diperlukan
Sedangkan toleransi berat pada masing-masing baja tulangan beton adalah:

Diameter Nominal Toleransi
(mm) (%)
6 s/d 8 ± 7
10 s/d 11 ± 6
16 s/d 28 ± 5
> 28 ± 4

 

Dalam pemilihan baja tulangan kita lihat diameter nominalnya dengan toleransi berat dan toleransi diameter yang telah disebutkan dalam tabel di atas. Syarat-syarat fisik dapat dilihat langsung ketika anda membeli.

HARGA BESI BETON POLOS DAN BESI BETON ULIR

Selain besi beton ulir ada juga besi beton polos. harga besi beton polos biasanya berbeda harganya dengan harga besi beton ulir. harga besi beton ulir lebih mahal daripada harga besi beton polos.walaupun ada perbedaan harga besi beton polos dan ulir sebenarnya apabila mengetahui harga besi beton perkg sebenarnya perbedaan harga besi beton polos dan  ulir tidak terlalu jauh. Misal harga besi beton polos Rp. 8.100/kg, maka harga besi beton ulir Rp.8.200/kg.ada yang unik dalam menentukan harga besi beton ulir 10 dan harga besi beton ulir 13.biasanya harga besi beton ulir 10 lebih tinggi 25 rupiah/kg dan harga besi beton ulir 13 lebih tinggi 50 rupiah/kg.

Salah satu penggunaan besi beton

 Besi tulangan minimal untuk sloof adalah Ø12mm

Besi tulangan minimal untuk kolom adalah Ø10mm

Kekuatan tarik baja minimum 2400 kg/cm2.

Diameter tulangan utama untuk balok lintel, ring balok dan kolom minimum ∅ 10 mm, dan untuk sengkang minimum ∅ 6 mm dengan jarak as ke as sengkang 15 cm.

Diameter tulangan utama untuk balok sloof/balok pengikat pondasi minimum ∅ 12 mm, dan ukuran sengkang minimum ∅ 8 mm dengan jarak as ke as sengkang 15 cm.

Agar diperoleh efek angkur yang maksimum dari besi tulangan, maka pada setiap ujung tulangan harus ditekuk ke arah dalam balok hingga 115o

Untuk membatasi luas bidang dinding 16 m2, maka perlu dipasang balok-balok lintel. Untuk mencegah terjadinya retak pada sudut-sudut bukaan pintu dan jendela, maka dipasang kolom-kolom pengaku yang menerus dari balok lintel ke balok sloof/balok pengikat.

Agar memudahkan dalam pengerjaan pengecoran beton dan mendapatkan hasil beton yang berkualitas baik, maka dianjurkan untuk mengunakan ukuran penampang balok minimum 15 cm x 20 cm dan ukuran penampang kolom minimum 15 cm x 15 cm.
Ukuran sloof minimal adalah 15x20cm, dibuat dengan besi tulangan minimal diameter 12mm sejumlah 4 buah, dengan begel ukuran diameter 8 mm disusun dengan jarak 15cm, besi tulangan harus mempunyai kuat tarik 2400 kg/cm2 (pada bagian ini sebagian pembaca mungkin bingung, secara mudah jika anda mengiginkan mutu besi beton ini anda tingal mencari besi beton yang sudah mempunyai lebel SNI)

Contoh merk besi beton yang memiliki standart SNI adalah krakatau steel ( KS SNI), Master Steel ( MS SNI ). Interworld Steel ( IS SNI ), Asia Steel ( AS SNI ) dll

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s